Panen Perdana di Kebun KWT Gampong Peunyeurat

Peunyeurat… Bertempat di kebun KWT Jeumpa Kuneung Gampong Peunyeurat telah dilaksanakan panen perdana ketahanan pangan kegiatan P2LA..( Kamis 15 September 2022).

Kepala Dinas Pertanian, Kelautan, Pangan, Perikanan Kota Banda Aceh yang diwakili oleh Ibu Dewi melakukan panen perdana sayuran di kebun KWT Jeumpa Kuneng, ini adalah program lanjutan dari kegiatan KRPL yang sudah dimulai sejak tahun 2019 di Gampong Peunyeurat. Pada tahun 2022 kegiatan KRPL di Gampong Peunyeurat kembali mendapat bantuan dana untuk pengembangan dan kelanjutan kegiatan.

Keuchik Gampong Peunyeurat T. Ismed Fadillah mengatakan bahwa Kegiatan KRPL ini merupakan sebagai upaya untuk menciptakan Ketahanan Pangan Mandiri khususnya di Gampong Peunyeurat.  Atas upaya Pengurus KWT Jeumpa Kunueng yang lalu maka kegiatan KRPL ini tetap berjalan sehingga tahun 2022 ini kembali mendaapat bantuan dana sebesar 20 juta. Pemerintahan Gampong Peunyeurat berusaha semaksimal mungkin agar kegiatan KRPL melaluui KWT Jeumpa Kuneng eksis, sebagai bentuk komitmen mempertahankan KWT Jeumpa Kuneng maka dalam APBG Peunyeurat setiap tahunnya selalu dianggarkan untuk Kegiatan Penguatan Kelompok dan Peningkatan SDM. Seterusnya T. Ismed mengatakan seiring dengan program ketahanan pangan yang telah dianggarkan dalam APBG TA 2022 sebesar 20% dari Dana Desa, maka kegiatan KRPL yang dilaksanakan KWT Jeumpa Kuneng   merupakan salah satu upaya untuk memujudkan ketahanan pangan mandiri Gampong Peunyeurat.

T. Ismed Fadillah  mengharapkan kepada anggota KWT Jeumpa Kuneng unutk tetap komit melaksanakan kegiatan KRPL baik di kebun ataupun di rumah masing masing.  Dengan adanya kegiatan KRPL ini maka diharapkan product sayuran yang dihasilkan minimal dapat dinikmati oleh anggota KWT dan kalaupun ada sisanya maka dapat dijual kepada masyarakat yang lainnya sehingga akan tercipta ketahanan pangan keluarga dan akhirnya akan meningkatkan pendapatan keluarga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


7 + 2 =