Gampong Peunyeurat melaksanakan Musyawarah Gampong RKPG TA 2023

Peunyeurat – Bertempat di Aula Kantor Keuchik Gampong Peunyeurat telah dilaksanakan Musyawarah Gampong  mengenai penyusunan RKPG TA 2023 (Selasa, 30 Agustus 2022).

Musyawarah ini dihadiri oleh unsur Pemerintah Gampong, TPG, Camat Kec. Banda Raya yang diwakili oleh Kasie PMG Banda Raya, Pendamping Desa, Imuem Gampong,PKK, Pengajar PAUD, Broeh Geutanyo, ketua Pemuda, KPM dan posyandu.

Ibu Tiur, ST Koordinator Pendamping Desa mengatakan isu Prioritas penggunaan dana desa TA 2023 yaitu untuk operasional pemerintah desa, penanganan stunting, pengembangan BUM Desa, pegentasan kemiskinan ekstrem, Desa Wisata, Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani, perbaikan dan konsolidai data SDG Desa, perluasan akses layanan kesehatan, Desa Inklusif, dan penggunaan dana desa untuk mitigasi dan penanganan bencana alam dan nonalam.

T Ismed Fadillah Keuchik Gampong Peunyeurat dalam presentasinya memaparkan prioritas penggunaan dana desa untuk Tahun Anggaran 2023 tetap mengacu kepada Perpes Nomor 104 Tahun 2022 tentang Rincian APBN pada Pasal 05 menyebutkan bahwa penggunaan Dana Desa tahun 2022 sebagai berikut perlindungan sosial (BLT) paling sedikit 40%, program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20%, penanganan COVID-19 paling sedikit 8% dan program sector prioritas lainnya. Menyangkut dengan Prioritas penggunaan Dana Desa TA 2023 maka kita tetap menyesuaikan dengan Isu Porgram Penggunaan yang telah disampaikan oleh Ibu Tiur

Pada kesempatan tersebut , Ismed melanjutkan prioritas penggunaan ADG TA 2023 Rp 685.195.490 untuk pemberian insentif, operasional kantor&TPG dll, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan. Penggunaan BHP&BHR TA 2023 Rp 75.172.363 untuk pembangun, pembinaan dan pemberdayaan. Bahwa MusGam RKPG ini dilakukan setelah Pemerintahan Gampong Peunyeurat melaksanakan Musyawarah Dusun pada tanggal 24 Agustus 2023, jadi usulan yang masuk dalam RKPG 2023 ini adalah usulan dari MusDus, usulan yang pernah ada pada tahun sebelumnya, dan penjabaran dari RPJM

Tgk. H Usman Ali Imeum Gampong mengusulkan untuk membangun rumah sewa atau toko, Ibu Nurmala TPG mengusulkan agar ada tempat untuk menampung kreativitas masyarakat ataupun produk yang dihasilkan masyarakat, yang nantinya dapat membantu perekonomian masyarakat. Munziri Ketua Pemuda mengusulkan agar ada anggaran untuk kegiatan kepemudaan dan peringatan Hari kemerdekaan. Menanggapi masukan dan saran dari peserta Musyawarah maka T. Ismed mengatakan bahwa untuk rumah sewa, akan ditindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan pihak pemko mengenai pengalihan aset kandang lembu. Mengenai usulan Ibu Nurmala maka akan di koordinasi dengan BUMG. Menangapi usulan dari Munziri Ketua Pemuda, pada tahun 2020 untuk kegiatan perayaan 17 agustus, sudah ditiadakan lagi karena Covid. sampai sekarang untuk kegiatan tersebut agar diperhatikan tidak menggunakan Dana Desa, karena prioritas penggunaan Dana Desa setiap tahun sudah diatur melalui Kemendes yang harus dilakasanakan oleh Pemerintah Gampong.

Sebagai kesimpulan, pimpinan Musyawarah yaitu Sekretaris Tuha Peut Gampong Bapak Iwan Fitra menyimpulkan bahwa RKPG Peunyeurat Tahun Anggaran 2023 sudah dapat diterima.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


− 2 = 8