Peunyeurat Laksanakan Lomba Rumah Sehat

Banda Aceh – Dalam upaya untuk mendorong gaya hidup sehat dan lingkungan yang bersih, Pemerintah Gampong Peunyeurat mengadakan lomba rumah sehat. Lomba ini merupakan bagian dari inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnyalingkungan dan rumah yang sehat, Sabtu (06/01/2024).

Keuchik gampong Peunyeurat mengatakan, “Lomba rumah sehat ini merupakan upaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi kita semua. Semua peserta telah menunjukkan semangat yang luar biasa dalam menerapkan praktik-praktik sehat di lingkungan mereka.”

Kriteria penilaian lomba mencakup beberapa aspek penting, seperti persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI Eksklusif pada Bayi, Menimbang balita minimal 8 x setahun, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di rumah sekali seminggu, Makan sayur dan buah setiap hari, Melakukan aktifitas fisik setiap hari, Tidak merokok di dalam rumah. Setiap rumah tangga peserta diharapkan dapat menjadi contoh bagi yang lainnya dalam menerapkan praktik sehat ini.

Pemenang lomba akan dinilai berdasarkan skor tertinggi dari penilaian juri independen yang terdiri dari DPMG, Puskesmas, Kecamatan dan kader kesehatan. Hadiah-hadiah menarik telah disiapkan untuk mendorong partisipasi aktif dan memberikan penghargaan kepada rumah tangga yang berhasil menunjukkan komitmen terhadap rumah sehat.

Semangat kompetisi dalam lomba ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi seluruh masyarakat desa untuk terus memperbaiki lingkungan mereka dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan rumah tangga. Keberhasilan lomba ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya untuk mengadopsi inisiatif serupa guna menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bersih bagi semua warganya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


4 + 2 =