Posyandu Jeumpa Puteh KBA Peunyeurat laksanakan kelas Ibu Hamil

Banda Aceh. Posyandu Jeumpa Puteh memotivasi Ibu hamil dengan mengadakan Kelas Ibu Hamil. (Senin 20 Februari 2024)

Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran. Adapun keuntungan kelas ibu hamil adalah materi diberikan secara menyeluruh dan terencana, penyampaian materi lebih komprehensif karena ada persiapan petugas sebelum penyajian materi, dapat mendatangkan tenaga ahli untuk memberikan penjelasan mengenai topik tertentu, waktu pembahasan materi menjadi efektif karena pola penyajian materi terstruktur dengan baik, ada interaksi antar petugas kesehatan dengan ibu hamil pada saat pembahasan materi dilaksanakan. Dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan, dilakukan evaluasi terhadap petugas kesehatan dan ibu hamil dalam memberikan penyajian materi sehingga dapat meningkatkan kualitas sistem pembelajaran.

Di kelas ibu hamil, juga Bunda akan mendapat pengetahuan lengkap seputar apa saja yang harus diketahui oleh seorang ibu selama hamil. Mulai dari gizi seimbang ibu hamil, persiapan menghadapi proses persalinan, perawatan pasca persalinan dan nifas, hingga perawatan bayi baru lahir. Di kelas ini juga diajarkan senam ibu hamil untuk ibu yang usia kandungannya 20-36 minggu (5-9 bulan). Demikian disampaikan oleh Bidan Desa Cut Fitri Handayani

Kelas ibu hamil banyak disediakan dan difasilitasi di berbagai tempat layanan kesehatan umum masyarakat, seperti Puskesmas , rumah sakit dan Pos Pelayanan Terpadu di Gampong.  Posyandu Jeumpa Puteh Gampong Peunyeurat ikut serta dalam memberikan pelayanan proses kehamilan dan melahirkan bagi  ibu hamil.


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


36 − 26 =