Kegiatan Posyandu Jeumpa Puteh Gampong Peunyeurat

Banda Aceh (Selasa, 07 Mei 2024) Posyandu Jeumpa Puteh, Inisiatif Perawatan Kesehatan Keluarga yang Berhasil di Gampong Peunyeurat.

 

Di tengah semangat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Posyandu Jeumpa Puteh di Gampong Peunyeurat telah menjadi pusat perhatian. Dengan mengintegrasikan upaya kesehatan masyarakat dan partisipasi aktif warga, posyandu ini telah menghasilkan dampak luar biasa bagi kesehatan keluarga di Gampong Peunyeurat.

Posyandu Jeumpa Puteh, yang berarti “Bunga Putih” dalam bahasa Aceh, telah menjadi penting dalam upaya pemerintah setempat untuk meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat di daerah tersebut. Berlokasi strategis di Gampong Peunyeurat, posyandu ini telah menjadi pusat kegiatan yang beragam, mulai dari pemeriksaan kesehatan rutin hingga penyuluhan tentang gizi, sanitasi, dan perawatan bayi.

Salah satu fitur utama dari Posyandu Jeumpa Puteh adalah keterlibatan aktif masyarakat dalam setiap kegiatan. Dengan melibatkan ibu-ibu rumah tangga, kader kesehatan, serta petugas kesehatan setempat, posyandu ini menjadi tempat di mana pengetahuan tentang kesehatan dan praktik-praktik perawatan yang baik secara intensif disebarkan dan diterapkan.

Selain itu, Posyandu Jeumpa Puteh juga menjadi platform untuk mempromosikan praktik hidup sehat, termasuk pola makan yang seimbang dan gaya hidup aktif. Melalui berbagai kegiatan seperti lomba masak sehat, senam pagi, dan diskusi kelompok, masyarakat diajak untuk terlibat aktif dalam perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Bapak T.Ismed Fadillah, Keuchik Gampong Peunyeurat, menyatakan, “Posyandu Jeumpa Puteh telah menjadi tiang penyangga bagi kesehatan keluarga di Gampong Peunyeurat. Dengan adanya posyandu ini, masyarakat merasa lebih terbantu dalam menjaga kesehatan keluarga, terutama anak-anak dan ibu hamil.”

Keberhasilan Posyandu Jeumpa Puteh tidak hanya dilihat dari peningkatan jumlah kunjungan dan partisipasi masyarakat, tetapi juga dari indikator kesehatan yang membaik. Tingkat kesehatan ibu dan anak di wilayah tersebut telah meningkat secara signifikan, dengan penurunan angka kematian ibu dan bayi yang mencolok.

Dengan semangat kolaborasi antara pemerintah setempat, masyarakat, dan pihak terkait lainnya, Posyandu Jeumpa Puteh di Gampong Peunyeurat terus menjadi contoh nyata bagaimana upaya bersama dapat menghasilkan dampak positif yang besar dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


44 + = 45