Rapat Koordinasi dengan OPD / Perangkat Desa Terkait Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K)

13 Mei 2024, Bertempat di Aula Kantor Keuchik Gampong Peunyeurat dilaksanakan Sosialisasi Terkait P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi.

Gampong Peunyeurat, 13 Mei 2024 – Dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu dan bayi, Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) telah diluncurkan di Gampong Peunyeurat. Program ini bertujuan untuk memberikan akses yang lebih baik terhadap perawatan kesehatan maternal dan mengurangi angka komplikasi yang terkait dengan persalinan.

Dalam acara peluncuran yang dihadiri oleh Keuchik, Aparatur, Kepala Dusun ,tokoh masyarakat, petugas kesehatan, dan ibu hamil di gampong tersebut, Ibu Dedek, Kepala UPTD Puskesmas Banda Raya, menjelaskan tujuan dan manfaat dari program ini. “P4K merupakan langkah proaktif untuk meningkatkan kesehatan ibu dan bayi. Dengan pendekatan yang holistik, kami berharap dapat mengurangi angka kematian maternal dan neonatal serta meningkatkan kesejahteraan keluarga di Gampong Peunyeurat,” ungkap Ibu Dedek.

Program P4K meliputi serangkaian kegiatan yang mencakup edukasi kesehatan reproduksi, konseling pranatal, pemeriksaan rutin selama kehamilan, persiapan persalinan, dan pemantauan pasca-persalinan. Selain itu, program ini juga memberikan akses yang lebih mudah terhadap fasilitas kesehatan yang berkualitas dan dukungan sosial bagi ibu hamil dan keluarganya.

Elly kader KPM, Gampong Peunyeurat, menyambut baik kehadiran Program P4K. “Saya merasa senang dan terbantu dengan adanya program ini. Dengan adanya dukungan dan informasi yang diberikan, saya merasa lebih siap menghadapi proses persalinan dan mengurangi kekhawatiran akan kemungkinan komplikasi yang mungkin terjadi,” ujarnya dengan senyum.

Dukungan dari pemerintah daerah dan partisipasi aktif masyarakat menjadi kunci keberhasilan Program P4K di Gampong Peunyeurat. Diharapkan, melalui program ini, akan terjadi perubahan positif yang signifikan dalam kesehatan ibu dan bayi, serta terciptanya generasi yang lebih sehat dan tangguh di masa depan.

Program P4K di Gampong Peunyeurat merupakan salah satu langkah konkrit dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di bidang kesehatan, dan menjadi contoh inspiratif bagi wilayah lain dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Dengan semangat kolaborasi dan komitmen bersama, diharapkan Program P4K akan terus berkembang dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Gampong Peunyeurat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


48 − = 47