Tuha Peut Gampong Peunyeurat laksanakan Musyawarah Pembahasan RAPBG TA 2023

Tuha Peut Gampong Peunyeurat laksanakan Musyawarah Pembahasan RAPBG TA 2023

Banda Aceh. Musyawarah Gampong mengenai Pembahasan RAPBG TA 2023 berlangsung di Aula Kantor Keuchik Peunyeurat. (Jumat 13 Januari 2023)

Syarifuddin Syam Ketua TPG Peunyeurat menyampaikan agar anggota TPG dapat mencermati dan mengkoreksi Rancangan APBG yang sudah di ajukan oleh Pemerintah Gampong Peunyeurat. Bahwa sesuai dengan peraturan maka TPG berkewajiban untuk bermusyawarah dan bersepakat dalam menyetujui RAPBG sampai menjadi APBG. Sementara Sekretaris TPG Iwan Fitra mengatakan bahwa kita TPG hanya melihat kesesuaian program penggunaan anggaran terutama penggunaan dana desa, mengenai besaran angka tentunya itu menjadi tugas Pemerintah Gampong untuk menyesuaikan dengan PERWAL Kota Banda Aceh.

T. Ismed Fadillah Keuchik Gampong Peunyeurat menyampaikan bahwa proses evaluasi APBG ada tiga tahapan yaitu tahap evaluasi oleh TPG yang kita laksanakan sekarang melalui musyawarah, tahap kedua di kecamatan Banda Raya dan terakhir tahap Asistensi di DPMG Kota Banda Aceh.

Selanjutnya Ismed nengatakan bahwa Dana Desa untuk tahun 2023 ini mendapat tambahan hingga menjadi 877.649.000. Sedangkan untuk Alokasi Dana Gampong mengalami penurunan dari 685.000.000 menjadi 641.000.000. Dalam hal penganggaran Dana Desa maka kami telah menyesuaikan dengan prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 seperti disebutkan dalam permendes nomor 82 Tahun 2022. Untuk penggunaam ADG tetap sebahagian besar di gunakan Insentif Keuchik, Aparatur, Tunjangan TPG dan Opeasional Kantor.

Setelah masing masing Tuha Peut Gampong melihat Rencana Anggaran Biaya dalam RAPBG TA 2023 yang sudah di bagikan dan ditampilkan juga di Siskeudes melalui infocus maka telah bersepakat untuk diteruskan ke Kecamatan Banda Raya agar di evaluasi lebih lanjut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


+ 13 = 19